Peran Penting Dan Aktif Keluarga Bagi Para Penyandang Disabilitas

Memiliki anggota keluarga dengan penyandang disabilitas mungkin terasa berat. Bahkan sering menjadi sebuah beban tidak hanya berupa materiil tetapi juga mental dan moril. Belum lagi pandangan masyarakat terhadap keluarga anda sumber artikel.

Akan tetapi, haruskah hal ini terjadi? Tidak! Keluarga dengan anggota yang memiliki disabilitas bukanlah suatu kekurangan atau kutukan yang harus dijauhi. Justru sebagai anggota keluarga, anda harus saling menguatkan.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan oleh para anggota keluarga lainnya ketika terdapat anggotanya dengan menyandang disabilitas? Di sini dijelaskan bahwa peran keluarga sangatlah penting bagi mereka.

Peran Penting Keluarga Pada Para Penyandang Disabilitas
Hal yang utama adalah kesabaran. Tentu saja memiliki keluarga dengan disabilitas membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi. Tidak hanya pada saat membantu mereka untuk mengurus beberapa hal. Tetapi juga kesabaran untuk menghadapi pandangan dari masyarakat sekitar.

Ketekunan juga menjadi hal yang penting bagi anda untuk meyakinkan pada mereka bahwa mereka akan baik-baik saja dan akan lebih baik lagi. Terkadang, banyak di antara para penyandang disabilitas yang merasa rendah diri dan menarik diri dari masyarakat. Tentunya sebagai keluarga, kita harus lebih tekun meyakinkan pada mereka bahwa mereka akan baik-baik saja.

Selain itu, ketekunan juga sangat diperlukan untuk melatih mereka dalam kesehariannya. Baik melatih untuk lebih mandiri maupun memberikan pelatihan untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka yang sesungguhnya. Karena, banyak dari mereka yang sebenarnya memiliki potensi yang terpendam dan perlu untuk digali serta dikembangkan.

Lebih lanjut, keluarga para penyandang disabilitas tentunya akan selalu berusaha untuk memberikan perawatan atau proses penyembuhan bagi mereka. Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk obat-obatan maupun perawatan serta perlengkapan mereka. Bahkan mereka juga membutuhkan peralatan yang khusus untuk belajar dan lain sebagainya.

Lantas, apakah kita harus malu jika memiliki keluarga penyandang disabilitas? Tentu saja tidak. Di negara ni perlindungan hak dan kewajiban setiap anggota keluarga adalah sama. Tidak bisa membeda-bedakan antara yang berkebutuhan khusus dan normal. Dalam hal ini, peran keluarga dan lingkungan sekitar sangat perlu dan penting bagi perkembangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *